Tentang Saya

Saya terlahir di pesisir utara pulau Jawa, tepatnya di Desa Pucangrejo, Kec. Gemuh, Kab. Kendal, Jawa Tengah – sekitar 45 km arah barat Semarang, pada hari Rabu Pahing, tanggal 1 September 1971. Pendidikan dasar (SD di SD Negeri Pucangrejo I, SMP di SMP Negeri 1 Weleri) dan SMA di SMA Negeri Kendal,  menempuh pendidikan S1 Teknik Sipil di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta (1996), pendidikan S2 Teknik Sipil (Struktur) di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta (2003), dan pendidikan S3 di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta (2020). Bekerja pada Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret, Surakarta, sejak Pebruari 1997.

 dsci0153.jpg

Kontak saya : Fakultas Teknik UNS telp. (0271) 647069 psw.116, Program Studi S1 Teknik Sipil telp. (0271) 634524 fax. (0271) 634524.

email : basuki_sipil@ft.uns.ac.id, achmadbasuki@yahoo.com

37 thoughts on “Tentang Saya

  1. mungkin sebagai tambahan..
    alangkah indahnya komunitas uns khususnya sipil semua dosen memiliki blog,
    jika para alumni kangen dg dosen Beserta kenangan..

  2. akhirnya ketemu juga dengan saudaraku yang satu ini
    Assalamualaikum…..
    masih ingat kan… Imam Sarjono

    kabar temen2 yang lain masih sering ketemu ????

  3. Assalamu’alaikum Pak Basuki,
    Inilah blog dosen JTS FT UNS pertama yang saya kunjungi. Saya senang kalo nantinya banyak dosen memanfaatkan blog untuk menularkan pengetahuan yang dimiliki ke masyarakat luas.

    Bisa juga untuk memberikan tugas ke mahasiswa melalui blog ini lho Pak Bas. Sehingga mahasiswa juga terbiasa dengan IT. Kalo gak salah Pak Wiryanto dosen UPH sudah menerapkannya pada blog beliau.

    Sebagai alumni JTS FT UNS saya senang sekali ada dosen yang aktif mengikuti perkembangan IT. Teknologi inilah yang harus kita manfatkan untuk memudahkan transformasi ilmu dan pengetahuan. Apalagi gratis, betul kan Pak Bas?

    Salam,
    mustofa ‘2000

  4. Assalamu ‘alaikum…

    Hallow pak , gimana kabarnya? baik2 aj kan? Wah bagus juga nih pak Blognya bisa nambah wawasan tentang ke teknik sipilan…

    Selamat menuntut ilmu pak di taiwan semoga sukses selalu..

    Wassalam

  5. Assalamualaikum,
    masih inget aku? basuki imam santosa, cah leri…
    aku dadi kuli ning jakarta.

    matur nuwun

  6. Assalamu’alaikum. Pak, perkenalkan saya mahasiswa dari teknik sipil undip. Maaf, saya mau tanya apakah Bapak punya koneksi dg orang-orang di wika solo atau yang berhubungan dengan proyek di solo? Saya dan teman-teman sedang berusaha mengujakan kp di solo paragon. Tapi tiap kali ke sana kami malah diusir. Mohon bantuannya ya Pak. Terima kasih…

  7. Assalamu’alaikum.
    Sore pak.baru sore ini saya bisa buka blog bapak.
    Saya dari ekstensi sipil UNS 2005 pak
    Alhamdulillah nilai saya baik setelah liat daftar nilai ujian tadi.
    Matur nuwun pak atas bimbingannya selama semester 6 ini.
    Wassalamu’alaikum.

  8. Salam kenal Pak Achmad, wah jadi malah gak enak saya disapa duluan sama senior 🙂 matur nuwun Pak udah mampir ke blog saya, sukses juga di NTUST, oh iya kawan saya di TF UGM ada 1 di sana, Mona namanya. Mungkin Pak Achmad tau karena sama-sama mahasiswa baru Indonesia.

    Salam dari Bangkok

  9. Lha ini mas, ternyata di sini asam urat saya sering kambuh….. sudah 2 kali saya ke rumah sakit, dan harus cek darah……… walau makan-nya sudah saya hati-hati…. kemungkinan juga musim dingin ini nggak cocok bagi saya. Makanya, ada kemungkinan juga….. saya ambil keputusan untuk tidak melanjutkan studi ini dan kembali pulang ke Indonesia….. menuntut ilmu di Indonesia juga nggak ada salahnya kan…..?

  10. Salam lamat-lamat dari 87-er juga…..

    Nitip lewat saja…..

    Saya alumni camp physic, tapi yang underground……..
    Meskpun jarang ngobrol, saya masih inget sampean…jebul isteri sampean itu Meyra tho…?

    Buat Pak Imam, kok wajahnya gak berubah ya?

  11. Salam buat kota kendal, saya dulu sman kendal juga. Saya masuk tahun 1987 juga, kelas I-3, Terus IIA1-1 dan IIIA1-1. Sebagai siswa yang underground alias pasifmania, saya lebih banyak jadi pengamat.

    Salam kenal ulang…….

    Buat Imam Sarjono juga, salam dari Bu Andhika!

  12. ass. pak basuki
    gini pak saya alumni uns. pak basuki saya cuma mau memberi saran,bagaimana kalo FT diberi tambahan kuliah pemrograman dengan Arc GIS. Arc Gis skarng lebih banyak digunakan untuk program aplikasi pemetaan dan pembutan peta. sedang FT sendiri hanya menggunakan aplikasi AutoCad. AutoCad pun yg digunakan AutoCad Map.sedang yg saya gunakan sekarang AutoCad Land Development.jadi adik kelas saya lebih maju drpada saya pak.bila perlu ditmbah kuliah fotogrametri,terutama buat jurusan Infrastruktur Perkotaan pak.krena menurut saya Infrastruktur Perkotaan lebih banyak dibutuhkan.y saya berharap UNS lebih maju lagi dan tambah sukses lgi alumninya.

    • Terima kasih sarannya mas Andi. Memang penggunaan GIS dengan perkembangannya saat ini sudah mulai banyak. Sarannya nanti akan saya teruskan ke pengelola D3 Teknik Sipil. Sejak September 2008 kemarin saya sudah tidak mengelola D3 Teknik Sipil, karena persiapan studi lanjut.

  13. ass, pak basuki
    pak basuki, saya alumni sipil infra’04. pak saya cm mau menyampaikan saran. bgmana seandainya mata kuliahnya ditambah lagi.ditambah dengan fotogrametri, aplikasi2 mengenai sofware ARCGIS, pengukuran dengan GPS. menurut saya semua itu akan sangat berguna jika kelak alumni teknik sipil akan mencari pekerjaan. karena menurut saya pengenalan hal2 itu belum saya ketahui ketika saya masih kuliah di D3 teknik Sipil Infrastruktur.saya berharap adik2 kelas saya lebih maju dan lebih kompeten lagi.

    terima kasih pak basuki
    wass

  14. Ass.wr.wb. pa basuki……….

    pa Basuki ,sy alumni Sipil UNS 94……menarik sekali tulisan bapak,kajian2 tentang struktur….untuk lebih lengkap alangkah baiknya kalo ditambah kajian dari sisi praktisi….alias terapan pasti akan lebih lengkap…btw masih suka badminton pak….

    • Terima kasih komentarnya mas Supriyanto. Alhamdulillah sekarang mulai badminton..setelah absen kurang lebih 2 tahun…… sekarang dimana?

  15. Assalamu’alaikum wr wb. Mas Basuki masih ingat dengan saya? Sekedar pengingat, dulu aku sering main ke kos sampean di Petoran Solo. Aku temannya Mas Taufik Kurnianto. Kebetulan sekarang saya tinggal di Mojokerto. Berteman dg Mas Trenggono AW (Teknik Sipil 90 pindah STTTelkom). Waah…sudah sukses ya sekarang mas.
    Wassalamu’alaikum wr wb.

  16. Assalamu alaikum Wr.Wb., Pa Bas…
    Saya Yoko, Sipil ’96 dulu juga pernah kost di Mess Collega (mas Nandar) bareng sama Mas Pranoto dll, sempet juga sebentar diajar MK teknologi beton sama Pa Bas… Hanya usul aja Pa Bas, saya sempat membuat kuesioner ke mahasiswa2 tingkat akhir di ITB, UI dan ITS yang sempet kerja praktek di tempat saya…Intinya mereka mengharapkan adanya studi kasus / implementasi langsung di lapangan lebih banyak ditampilkan dalam materi kuliah sehingga wawasan tentang dunia kerja dapat lebih terbuka.
    Sebenarnya banyak kasus-kasus menarik yang bisa diambil di buku-buku literatur luar (biasanya untuk S2) yang bisa dijadikan referensi…karena sekarang yang namanya ilmu eksak itu kalo sudah dimplementasikan di lapangan, bisa jadi non eksak karena adanya beberapa faktor yang tidak pasti… pasti kita tau 1 + 1 = 2, tapi kenyataan bisa jadi 1 + 1 = 3 dst.
    Makasih,
    Wassalam,

  17. Assalamualaikum,saya lilis indriani,dosen di universitas darwan ali kalimantan tengah,sekarang saya sedang mencari tema tesis,kebetulan saya buka jurnal media teknik dan baca tentang penelitian bapak yang berjudul kekakuan kolom baja tersusun siku dengan variasi jarak kopel. saya ingin minta bantuan bapak buat cari literatur2,karna sya berencana untuk memvalidasi hasil penelitian bapak dengan sofware ANSYS.sebelumnyasaya ucapkan syukron khairu katsir.

  18. Assalammu’alaikum WW
    Hallo mas bas, piye kabare ?
    Sudah punya blog ya, senang lihatnya…
    bikinnin donk…
    jadikah melanjutkan..

  19. Assalamualaikum Pak Achmad Basuki,

    Wah saya baru ngeh kalo bapak punya blog juga, saya seringnya liat artikel bapak di joglosemar waktu masih kuliah di solo.

    Semoga semangat Bapak bisa menular ke temen-temen yang masih kuliah dan teman-teman dosen Pak Achmad Basuki.

Tinggalkan komentar